Logo carryfy

berlaku mulai: agustus 2023

kebijakan privacy carryfy

Kebijakan Keamanan Data Pribadi oleh Carryfy (Selanjutnya disebut “Kami”) telah sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi, kebijakan ini mengatur mengenai Pengelolaan, Pengumpulan, Penggunaan, Penampilan Data Pribadi Pemilik Akun, Pengirim dan Penerima (selanjutnya disebut Penggguna). Kami meminta Anda untuk membaca dan memahami Kebijakan Privasi Kami untuk mengetahui perihal:
  • Informasi tentang Kami;
  • Bagaimana Kami mengumpulkan Data Pribadi Anda;
  • Persyaratan yang Kami butuhkan dari pemilik akun;
  • Tujuan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi;
  • Bagaimana Data Pribadi dilindungi dari pengungkapan data yang tidak sah;
  • Hak subjek Data Pribadi; dan
  • Pengakuan, persetujuan, dan perubahan Kebijakan Privasi Kami.
A.  Informasi Tentang Kami
     Carryfy adalah Platform Aplikasi pemesanan Transportasi Lintas Daerah dan penyedia jasa Nitip Kirim Barang antar daerah yang menghubungkan antara Sopir Mobil Daerah / Travel Perorangan dengan Penumpang dan Pengguna yang mau Kirim Barang secara express ke daerah-daerah. Carryfy merupakan salah satu produk dari PT Fingatee Inovasi Digital yang bergerak di sektor Travel and Pengantaran Barang / Logistik.

B.  Bagaimana Kami Mengumpulkan Data Pribadi Anda?
Kami menerima Data Pribadi melalui aplikasi yang diunduh oleh Pengguna. Kami dapat secara langsung menghubungi Pengguna melalui telepon, pesan singkat maupun WhatsApp, untuk meminta informasi tambahan yang cukup untuk memudahkan aktivitas pengantaran penumpang dan nitip kirim barang oleh Pengguna. Dalam hal ini, Pengguna dianggap telah setuju pada ketentuan kebijakan ini. Informasi Data Pribadi dari Anda yang secara langsung kami kumpulkan pada saat pendaftaran Akun, yaitu:

1. Carryfy
  • Nama Lengkap, Nama Lengkap dikumpulkan untuk proses identifikasi dan validasi pengguna
  • Nomor Telepon, Nomor Telepon dikumpulkan untuk proses identifikasi dan validasi pengguna
  • Jenis Kelamin, Jenis Kelamin dikumpulkan untuk proses identifikasi, validasi, dan analisis segmentasi  pengguna
  • Lokasi, Lokasi dikumpulkan untuk proses identifikasi dan validasi keabsahan pemesanan layanan Pengguna
  • Info Device, Info Device dikumpulkan untuk proses identifikasi dan validasi pada saat proses troubleshooting pada platform kami
2. Carryfy Driver
  • Nama Lengkap, Nama Lengkap dikumpulkan untuk proses identifikasi dan validasi Driver
  • Nomor Telepon, Nomor Telepon dikumpulkan untuk proses identifikasi dan validasi Driver
  • Jenis Kelamin, Jenis Kelamin dikumpulkan untuk proses identifikasi, validasi, dan analisis segmentasi Driver
  • Nomor KTP, Nomor KTP dikumpulkan untuk proses identifikasi dan validasi Driver
  • ID Akun Media Sosial, ID Akun Media Sosial dikumpulkan untuk proses identifikasi dan validasi Driver
  • Identitas Kendaraan, Identitas Kendaraan dikumpulkan untuk proses identifikasi dan validasi Driver
  • Lokasi, Lokasi dikumpulkan untuk proses identifikasi, validasi, dan aktivitas tracking layanan Driver ke Pengguna 
C. Persyaratan yang Kami Butuhkan dari Pemilik Akun?
Untuk setiap Pengguna yang terhubung dengan aplikasi Kami dan dalam proses hubungan tersebut Pengguna memberikan Data Pribadi ke aplikasi Kami, Kami  memerlukan jaminan bahwa Pengguna bertindak sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi Secara khusus sebelum memberikan Data Pribadi, hal-hal penting yang dibutuhkan oleh Kami adalah sebagai berikut:
  1. Mendapatkan persetujuan dari Pengguna sebelum mengumpulkan, menggunakan, atau menampilkan Data Pribadi.
  2. Memastikan bahwa Data Pribadi yang terkumpul sudah akurat dan lengkap sehingga memudahkan dalam aktivitas layanan dan pengidentifikasian untuk kepentingan Pengguna.
D. Tujuan Pengumpulan dan Pemrosesan Data Pribadi 
  1. Kami hanya akan menggunakan Data Pribadi Anda jika kami telah memperoleh persetujuan Anda atau alasan lain sesuai dengan peraturan Perundang-undangan. Alasan lain yaitu:
    • Pemenuhan kewajiban perjanjian untuk penyediaan layanan yang tersedia dalam Platform, seperti pendaftaran akun, penggunaan fitur-fitur yang tersedia dalam Platform atau dukungan teknis lainnya;
    • Pemenuhan kepentingan vital Anda;
    • Mengelola operasional dan administrasi Kami dan mematuhi kebijakan serta prosedur internal Kami;
    • Pemenuhan tugas dalam rangka kepentingan umum, pelayanan publik, atau pelaksanaan kewenangan Kami berdasarkan Peraturan Perundang-undangan; dan/atau
    • Maksud dan tujuan terkait promo marketing dan tambahan produk dari Kami, Kami dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan di atas, Kami dapat menghubungi Pengguna melalui SMS, telepon atau perangkat elektronik lainnya.
  2. Secara umum Kami memproses Data Pribadi semata-mata untuk penyelenggaraan layanan pada Platform Kami, antara lain:
    • Mengidentifikasi dan mendaftarkan Anda sebagai pengguna Platform;
    • Menyediakan dan penggunaan layanan atau fitur yang tersedia dalam Platform Kami;
    • Mengadministrasikan, mengelola, dan memverifikasi informasi yang tersedia dalam Platform;
    • Untuk mengevaluasi, mengembangkan, dan memperbaharui fitur atau layanan Platform dari waktu ke waktu;
    • Untuk menjalankan penyelesaian masalah terkait akses Platform (troubleshoot);
    • Melacak dan menganalisa aktivitas layanan Pengguna;
    • Menangani keluhan, masalah, atau perselisihan terkait layanan Kami sesuai dengan nilai Kami yang mengedepankan Proactive Pengguna;
    • Melakukan investigasi terkait perselisihan, penagihan, atau penipuan, kehilangan dan kerusakan pada layanan Kami;
    • Memberitahukan kepada Pengguna mengenai status pesanan atau kiriman Barang secara detail (smart tracking) dan memperbarui informasi mengenai perkembangan status tersebut;
E. Bagaimana Data Pribadi Pengguna Dilindungi dari Pengungkapan Data yang Tidak Sah?
Perlindungan terhadap Data Pribadi Pengguna dilakukan secara maksimal. Kami tidak mengungkapkan Data Pribadi Pengguna pada pihak ketiga kecuali dibutuhkan penggunaan usaha berikut ini dengan tujuan sama yang telah disebutkan sebelumnya:
  1. Agen atau penyedia layanan pihak ketiga yang menyediakan layanan operasional dan bantuan untuk membantu memenuhi dan menjalankan layanan dan kewajiban Kami kepada Pengguna tanpa mengeyampingkan peraturan dan perjanjian kerahasiaan yang diatur oleh Kami dan pihak ketiga yang terkait dengannya;
  2. Konsultan dan penasehat profesional Kami, seperti pengacara, auditor, dan pemegang dokumen;
  3. Badan hukum yang bersangkutan, badan hukum atau lembaga penegak hukum yang patuh pada hukum yang berlaku; dan
  4. Pihak lainnya yang Pengguna berikan persetujuan untuk pengungkapan data pribadi tersebut.
Pada saat Data Pribadi Pengguna diungkapkan kepada pihak ketiga seperti di atas, Kami akan memastikan pihak ketiga tersebut bertindak sesuai dengan kebijakan dan persyaratan yang lainnya. Selain itu, Kami melaksanakan keamanan standar yang ketat dalam operasional kami untuk mencegah kebocoran, kehilangan, kerusakan, atau penggandaan data yang tidak sah dari Data Pribadi Pengguna dan sistem kami.

F. Hak Subjek Data Pribadi
  1. Anda mungkin memiliki hak tertentu berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku untuk meminta kepada Kami terhadap akses, koreksi dan/atau penghapusan terhadap Data Pribadi Anda yang berada dalam penguasaan dan kendali kami. Sepanjang hak in tersedia bagi Anda sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, Anda dapat melaksanakan hak tersebut dengan menghubungi Kami melalui kontak yang tersedia di bagian Hubungi Kami di bawah ini.
  2. Perlu Anda ketahui bahwa Kami berhak menolak permintaan Anda terhadap akses, koreksi dari dan/atau penghapusan terhadap sebagian atau semua Data Pribadi Anda yang Kami kuasai atau kendalikan jika dizinkan atau diperlukan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Hal in termasuk dalam keadaan di mana Data Pribadi tersebut berisi Data Pribadi orang lain atau permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi atau menghapus adalah untuk alasan yang Kami anggap tidak relevan, tidak serius, menyulitkan, atau tidak berkepentingan.
G. Hubungi Carryfy
Kami hanya bisa memastikan perlindungan data secara penuh dengan bantuan Pengguna. Kami mengharapkan Pengguna untuk menghubungi Customer Service Kami kapanpun diperlukan, mempertanyakan atau memberikan saran terkait penggunaan, pengolahan dan perlindungan pada Data Pribadi Pengguna. Kami dengan senang hati jika Pengguna menghubungi Customer Service saat membutuhkan hal-hal sebagai berikut:
  1. Mengakses Data Pribadi Pengguna dalam sistem kami;
  2. Memperbaiki, mengoreksi atau mengubah Data Pribadi Pengguna dalam sistem kami;
  3. Melaporkan penggunaan Data Pribadi Pengguna yang tidak sah oleh Kami maupun pihak diluar Kami;
  4. Memberikan kritik dan saran kepada Pengirim yang memberikan Data Pribadi Pengguna tanpa adanya persetujuan; atau
  5. Memberitahukan keperluan lain dan pertanyaan terkait Data Pribadi Pengguna.
Silakan untuk menghubungi Customer Service melalui WhatsApp Kami +62 887436587603 yang tertera pada situs resmi Kami Carryfy.id atau Halaman Bantuan di Aplikasi Kami.

H. Pengakuan, Persetujuan, dan Perubahan Kebijakan Privasi Carryfy
  1. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus Anda memberikan persetujuan kepada Kami untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, mentransfer, menyimpan atau memproses Data Pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
  2. Kebijakan Privasi ini dapat diubah atau diperbarui dari waktu ke waktu untuk memastikan kesesuaian dengan perkembangan layanan Kami di masa depan dan atau perubahan persyaratan hukum atau peraturan. Kami menyarankan Anda agar selalu membaca secara seksama dan memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan Kebijakan Privasi Kami. Dalam hal Kami melakukan perubahan atau pembaharuan Kebijakan Privasi ini, Kami akan memberitahu Anda perihal perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan di Platform dan atau media lainnya. Anda mengakui bahwa dengan Anda terus mengakses atau menggunakan Platform Kami setelah adanya perubahan terhadap Kebijakan Privasi ini akan dianggap sebagai persetujuan Anda terhadap Kebijakan Privasi ini dan segala perubahannya.
  3. Segala perselisihan yang timbul dari pelaksanaan S&K serta layanan yang Kami sediakan dengan Pengguna akan diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan, kecuali jika ada hal-hal lainnya yang dianggap perlu untuk dilanjutkan pada proses selanjutnya melalui jalur hukum. Penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur dalam poin ini atas layanan dan S&K yang diatur, ditentukan dan ditetapkan oleh Kami akan diselesaikan melalui yuridiksi Pengadilan Negeri di Jakarta Selatan.